Mengemudi sebaiknya di iringi dengan  cukup pengetahuan tentang berkendara, memakai teknik mengemudi saat berkendara sangat di anjurkan demi keselamatan anda juga orang di sekitar anda. Terlepas dari itu untuk biaya perbaikan jika terjadinya kerusakan akibat kecelakaan, cukup lumayan apalagi pada mobil-mobil mewah contoh pada harga mobil mitshubisi pajero dan juga Harga BMW X3 yang membutuhkan biaya besar jika adanya komponen mesin yang rusak. Banyak nya pemula yang baru bisa mengemudi dan terkadang se-enaknya saat mengemudi di jalan dan itu dapat merugikan orang lain selain merugikan dirinya sendiri, hal ini di sebabkan oleh minimnya pengetahuan dasar mengemudi.

         Jika sudah lulus uji berkendara dan memiliki atau mendapatkan SIM A, maka sebaiknya untuk rutin mengemudi setiap hari selama sekitar tiga bulan, hal ini di lakukan guna memperlancar dan memperhalus saat mengemudi mobil, dan supaya diri dapat beradaptasi dengan baik terhadap keadaan jalan dan menyatu pada karakter mobil juga biasakan untuk selalu menggunakan teknik safety driving. Biasakan diri saat melepas kopling kemudian ber akselerasi untuk menginjak pedal gas, tidak jarang pengemudi yang sudah mahir pun terkadang salah dan malah menggunakan power yang berlebih, hal ini akan membuar mesin mengalami mati mendadak akibat kopling yang tidak selaras yang dapat di sebut sebagai engine stall. Seharusnya saat rem tangan di lepas berbarengan dengan kopling yang di lepas, juga rem pada kaki dilepas perlahan kemudian  baru lah untuk menginjak gas perlahan dengan perasaan.

                Saat belajar untuk melepas kopling, maka harus di biasakan untuk menggunakan putaran mesin yang rendah saat perpindahan gigi berlangsung hal ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar yang di gunakan. Selanjutnya, biasanya pemula mengemudi mobil secara lambat, di karenakan mempunyai asumsi bahwa melaju dengan pelan akan aman, padahal kecepetan saat mengemudi haruslah di sesuaikan pada keadaan jalan, membedakan laju mobil saat berada di jalan komplek, tol ataupun yang lainnya. Kemudian di biasakan untuk selalu melihat spion depan, belakang, kiri dan kanan jika melakukan perpimdahan jalur saat berada di jalan, hal ini sangat perlu di perhatikan karna dapat merugikan kendaraan di sekitar mobil jika kita melakukan kesalahan tidak melihat spion mobil (blind spot).

         Perhitungkan gerak ban saat ingin berbelok, dengan terus berlatih untuk memutar setir kemudi, agar semakin terbiasa untuk memperhalus dan memperlancat membelokan mobil sehingga tidak belok terlalu patah, dan biasakan saat menyetir selalu tetap tenang dan jangan panik.

         Biasakan untuk terus memperhatikan keadaan sekitar, dan selalu waspada dengan apapun yang berada di hadapan kita saat mengemudi, namun selain itu wajib untuk selalu memperhatikan keadaan samping depan dan belakang dengan cara melihat pada bagian spion samping juga tengah, kemudian gunakan sun roof jika ada untuk melihat ke arah atas, juga indikator lainnya yang ada pada mobil seperti blind spot monitoring system dan lane departure warning. Karna bahaya tidak datang selalu dari depan, contoh nya dari atas jika terdapat palang pada jalan sehingga kita harus dapat emperhitungkan jarak tinggi mobil pada palang tersebut, juga menghindari pada jalan yang berlubang hal hal itu harus dapat di perhatikan dengan baik agar terbiasa untuk mengantisipasi jika adanya bahaya yang datang.

         Juga selalu menginjak rem dengan perlahan untuk menghentikan mobil agar tidak merugikan kendaraan yang lain di belakang. semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jangan lupa selalu pakai seat belt saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *