Press "Enter" to skip to content

Ketahuilah Perkembangan Otak Bayi Pada Trimester Pertama

Otak bayi mulai terbentuk saat usia kehamilan memasuki 5-8 minggu. Pada saat minggu kelima kehamilan, sel bayi mulai membentuk sumsum tulang belakang, jantung, dan otak. Saat ini disebut trimester pertama yang rawan mengakibatkan kecacatan apabila ibu kurang berhati-hati.  Anda juga wajib mengetahui perkembangan otak bayi selama trimester pertama.

Untuk mengurangi risiko gangguan maka kestabilan DHA dan perkembangan otak janin harus terus dijaga. Sangat dianjurkan bagi para ibu hamil untuk mengkonsumsi vitamin, zat besi, asam folat, dan melakukan olahraga secukupnya. Tujuannya semata-mata untuk memperlancar proses persalinan.

Perkembangan Otak Bayi Saat Trimester Kedua

Saat kandungan memasuki usia trimester kedua yakni ke-18 saraf bayi mulai terbentuk dan dilindungi myelin. Fungsi myelin dapat mempercepat pengantaran antar sel saraf. Faktanya myelin akan terus berkembang hingga bayi berusia 1 tahun.

Akhir trimester kedua ini batang otak akan berperan untuk menunjang kehidupan janin dalam rahim. Lebih tepatnya membantu pernapasan, tekanan darah, dan denyut jantung yang pertumbuhannya hampir matang.

Perkembangan Otak Bayi Saat Trimester Ketiga

Perkembangan otak bayi terutama saraf neuron lebih pesat terjadi saat trimester ketiga. Masa otak akan membesar selama trimester ini dan bobotnya 3 kali lipat. Setelah bentuk otak bayi mulai berubah dari permukaan hingga terbentuk lekukan seperti otak manusia saat minggu 27-30.

Sistem saraf perlahan akan terbentuk dan dapat berfungsi untuk mengontrol tubuh bayi. Saat inilah janin sudah bisa mendengarkan suara yang berasal dari luar rahim.

Meskipun saat trimester ketiga terjadi pertumbuhan dan perkembangan otak yang signifikan. Namun, otak bayi benar-benar dapat berfungsi setelah lahir. Saat inilah disebut waktu paling tepat untu memberi asupan nutrisi dan gizi agar perkembangan otak terjaga.

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi

Selain berolahraga cukup dan rutin adapula makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Jangan lupa menstimulasi kandungan dengan vitamin yang bisa didapatkan melalui link https://www.goapotik.com/produk/inbumin-250-mg-box-30-tablet.

Konsumsi makanan yang mengandung serat, asam lemak, omega 3, dan kalsium. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung merkuri contohnya ikan king makarel, ikan hiu, ikan todak, dan tilefish.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *