Setelah pernikahan Anda tentu merencanakan kehamilan dengan menerapkan berbagai program. Salah satu cara untuk mengetahui keberhasilan dari usaha yang dilakukan dengan testpack. Kapan seharusnya pakai testpack untuk mengetahui kehamilan? Ini waktu untuk melakukan testpack.

  1. Pemeriksaan Testpack Setelah Implantasi Sel Telur

Anda bisa mencoba melakukan tes setelah implantasi sel telur yang rentang waktunya 7 sampai 12 hari. Ini waktu yang tepat menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Waktu ini untuk menunggu HCG di dalam tubuh yang dilepaskan ke aliran darah lalu masuk kedalam urine. Ini akan terus meningkat seiring usia kandungan.

Jika Anda melakukan tes urine sebelum tubuh menghasilkan HCG yang cukup, maka akan terdeteksi hasil yang negatif. Ini biasanya membuat Anda mengetahui kehamilan lebih lama dari yang seharusnya. Jadi sebaiknya tes ini dilakukan pada hari ke 10 setelah implantasi sel telur.

Tanda dari terjadinya implantasi ini adalah Anda mengeluarkan darah sedikit padahal belum memasuki waktu menstruasi. Mengalami keram di bagian perut. Sering melakukan buang air kecil dari pada biasanya. Sering merasa sakit kepala dan meningkatnya rasa lapar. Lalu yang paling jelas adalah mengalami mual.

  1. Pemeriksaan Testpack Setelah Bangun Tidur

Kapan seharusnya pakai testpack? Bisa Anda lakukan setelah bangun tidur di pagi hari. Waktu ini direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang pasti. Ambilah urine yang keluar pertama sekali saat Anda bangun tidur untuk digunakan sebagai pemeriksaan.

Test yang dilakukan bangun tidur ini setelah satu hari Anda merasa masa haid sudah telat. Ini akan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan. Makanya penting sekali untuk mencatat tanggal terakhir mengalami haid. Anda bisa mencatatnya di kalender manual atau di kalender HP. Hitunglah dengan teliti agar tidak salah menentukan.

  1. Setelah Mendapatkan Tanda-Tanda Hamil

Anda juga bisa melakukan testpack setelah mendapatkan tanda-tanda hamil yaitu menstruasi yang terlambat lebih dari satu minggu. Maka dari itu penting untuk Anda mengingat tanggal terakhir mengalami menstruasi. Saat Anda mulai mengalami keram pada bagian perut tetapi tidak kunjung mengalami menstruasi.

Ini waktu yang tepat untuk mengetahui Anda hamil atau tidak. Bisa juga dilakukan setelah mendapatkan tanda kehamilan payudara yang terasa sakit. Rasa sakitnya terjadi karena kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat. Biasanya bagian yang terasa sakit adalah putting susu dan ini berlangsung berhari-hari.

Kapan seharusnya pakai testpack? Tentunya tergantung dari kapan Anda merasa masa haid sudah melewati waktunya. Pastikan Anda membeli testpack yang berkualitas agar mendapatkan hasil yang akurat. Selain itu lakukan pemakaian sesuai dengan petunjuk yang ada agar tidak melakukan kesalahan. Jika masih ragu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *