Press "Enter" to skip to content

Ini Gejala yang Muncul saat Kejang Demam

Kejang demam sering disebut step dan merupakan salah satu masalah yang sering dikhawatirkan orang tua. Kondisi ini sering terjadi ketika seorang anak mengalami peningkatan suhu tubuh atau demam, yang biasanya menyerang anak usia 6 bulan hingga 5 tahun. Bukan tanpa alasan adalah keprihatinan orang tua tentang masalah Kejang demam, karena kondisi ini sering dikaitkan dengan epilepsi dan risiko keterbelakangan mental pada anak-anak.

Faktanya, sebagian besar kasus demam pada anak-anak tidak memiliki hubungan dengan peningkatan risiko kematian pada anak-anak seiring bertambahnya usia mereka, bahkan saat mereka menua. Kejang demam ringan tidak menyebabkan kerusakan otak, kesulitan belajar atau gangguan mental. Kejang epilepsi juga tidak memiliki indikasi epilepsi pada anak-anak.

Ketahui penyebab dan gejala serangan demam pada anak

Faktanya, penyebab anak-anak dengan kejang demam tidak dapat ditentukan dengan pasti. Namun sebagian besar kasus demam adalah Kejang yang berhubungan dengan demam tinggi yang terjadi akibat infeksi telinga, kaki ayam, radang amandel atau infeksi virus influenza. Dalam beberapa kasus, Kejang demam juga dapat terjadi setelah anak diimunisasi.

Namun, vaksin itu tidak menyebabkan anak-anak yang mengalami demam. Penyebab pastinya tentu karena demam tinggi pada anak-anak. Kondisi lain yang juga terkait dengan penyebab Kejang adalah faktor genetik. Setidaknya 1 dari 3 anak yang menderita demam kompleks memiliki saudara yang memiliki kondisi serupa.

Berita baiknya adalah bahwa hampir semua anak yang mengalami Kejang pulih secara normal. Namun, ibu dan ayah masih perlu mengetahui gejala Kejang demam untuk dapat melakukan intervensi hanya ketika masalah kesehatan ini terjadi pada bayi. Kejang dapat kembali, lebih mungkin terjadi pada tahun pertama. Faktor-faktor yang meningkatkan risiko demam berulang termasuk suhu tubuh rendah pada serangan epilepsi, kejang yang terjadi dengan cepat setelah demam anak, usia anak kurang dari 12 bulan, dan riwayat keluarga demam.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *