Hingar-bingar kehadiran PS5 yang merupakan konsol game generasi terbaru dari Sony secara tidak langsung membuat harga PS4, pendahulunya turun. Tak terkecuali untuk kasta tertingginya, PS4 Pro yang sejatinya tetap bisa dikatakan layak beli. Bahkan dengan harga terbarunya saat ini, PS4 versi tertinggi ini malah semakin menarik untuk dimiliki dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Mengapa Harus PS4 Pro?

Tak dapat dipungkiri bahwa PS5 memang begitu menggiurkan dengan segala inovasi yang dibocorkan sebelumnya. Namun apakah ini berarti Kamu membuang angan untuk memiliki PS4 sebelumnya? Tentu tidak bukan? Tentu saja karena PS4, utamanya PS4 Pro masih menjadi salah satu penantang terbaik dari PS5. 

Banyak yang memprediksi bahwa hadiran PS5 akan membuat harga PS4 bakal turun drastis. Tentunya ini menjadi kesempatan terbaik bagi Kamu yang mungkin sudah lama ingin menebus konsol PS4 dan terus menerus melihat-lihat harga PS4 bekas. Ya, kini Kamu sudah bisa cek tabunganmu untuk mencocokkannya dengan harga PS4 entah itu unit second atau tunggu promo akhir tahun dari Sony.

Selain itu, tak sedikit pula yang pilih main aman sebelum menebus PS5 generasi pertama. Alasannya, mencegah kemungkinan mendapat barang yang ada cacat produksi seperti pada kasus PS3, Xbox dan Xbox One dulu. Ya meskipun kesialan seperti ini bisa menimpa siapa saja, tidakkah lebih baik jika risiko ini bisa ditekan dengan memilih produk yang pasti-pasti saja, PS4misalnya.

Keterbatasan Game untuk PS5 juga menjadi alasan lain Kamu perlu mempertimbangkan pemilihan diantara PS4 Pro atau PS5.  Meskipun Sony sudah mengumumkan sejumlah judul game untuk PS5, belum ada diantaranya yang sudah dipublikasikan. Atau jangan-jangan PS5 akan cenderung banyak membawa game PS4 dulu?

Sebaliknya, PS4 masih terus disambangi oleh berbagai judul game baru yang potensial. Ya, masih banyak game dari pengembang selain Sony yang tetap akan rilis game untuk PS4. Sebut saja seperti Cyberpunk 2077 atau Assassin’s Creed: Valhalla dan deretan game indie lain yang juga tetap layak untuk Kamu nikmati bersama PS4.

Lagi pula, kepopuleran PS4 tak akan tergeser semudah itu. Sebut saja seperti PS3 yang masih terus handal dimainkan sampai awal 2019 meskipun sudah digantikan oleh PS4 yang sudah memasuki usianya yang ke 5 tahun lebih. Untuk PS4 atau bahkan PS4 Pro, pastinya Kamu masih tetap bisa memainkannya hingga 4 tahun lagi, bukan? Layanan servis, PS Plus ataupun game streaming juga tetap bisa Kamu manfaatkan dari PS4 tersebut.

Nah PS4 varian Pro yang merupakan kasta tertinggi dari PS4 menjadi salah satu rekomendasi terbaik kalau Kamu ingin menggunakan konsol PS4 dengan masa pakai maksimal dan optimal. Alasannya jelas karena versi Pro membawa spesifikasi tertinggi diantara varian PS4 lainnya. Salah satunya yang paling menarik adalah dukungan 4K yang bakal mengoptimalkan teknologi Virtual Reality (VR).

Meskipun PS4 FAT dan PS4 Slim juga bisa digunakan  dengan PS VR, PS4 Pro lebih diunggulkan karena dukungan tampilan 4K yang dimilikinya. Belum lagi karena PS4 Pro juga memiliki 3 port USB 3.1 yang memang sepertinya didekasikan khusus untuk kontroler Move pada PS VR. Sementara PS4 varian lain hanya memiliki sepasang port USB saja.

Dari segi spesifikasi versi Pro dari PS4 juga sudah menggunakan HDMI 2.0 yang mendukung resolusi 4K secara bawaan. Sementara pada PS4 FAT dan PS4 Slim masih menggunakan HDMI 1.4. Tentunya hal ini akan memberikan Kamu akses ke penggunaan output 4K secara optimal.

Prosesor yang digunakan memiliki 8 inti clockspeed sampai 2,1 GHz. Lebih kencang dibanding kedua PS4 lainnya yang hanya mencapai 1,6 GHz. Begitu pula pada chip grafis yang bisa ditingkatkan menjadi 911 MHz yang kemudian membuat bandwidth ikut meningkat ke 4,2 teraflop. Ini adalah peningkatan signifikan dibanding PS4 Slim dan PS4 FAT yang memiliki bandwith 1,84 teraflop.  

Meskipun sama-sama menggunakan video RAM sebesar 8 GB, varian Pro PS4 memiliki RAM tambahan 1 GB khusus untuk kebutuhan non-gaming. Artinya, Kamu bisa memanfaatkan RAM 8 GB tersebut sepenuhnya untuk menangani grafis.  

Itulah tadi penjelasan tentang mengapa PS4 Pro layak jadi incaran saat ini. Apakah Kamu punya pertimbangan lain untuk saat ini? 

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *