Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah Mengobati Clavus (Mata Ikan)

Mata ikan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena bakteri. Mata ikan atau Clavus ini biasanya tumbuh di telapak kaki atau telapak tangan. Bentuknya seperti kerucut terbalik ke dalam. Biasanya untuk menyembuhkannya cukup sulit. Jika terkena penyakit ini maka akan tersa nyeri saat berjalan. Apalagi jika menggunakan sepatu yang sempit. Mata ikan akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Kapal ikan ini terlihat dengan penebalan telapak kaki atau tangan dan biasanya terdapat mata yang mana merupakan titik sensitive dan menyakitkan. Cara mudah mengobati Clavus bisa dilakukan melalui beberapa cara.

Cara pertama untuk mengobati mata ikan adalah dengan menggunakan obat. Cara ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit mata ikan yang kecil. Obat mata ikan cair ini bekerja dengan mengkikis kulit yang menebal akibat penyakit mata ikan. Selain menggunakan obat, cara mudah mengobati Clavus lainnya adalah dengan melakukan operasi. Operasi bedah minor bisa dilakukan untuk mata ikan besar dan operasi kauterisasi bisa dilakukan untuk jenis mata ikan kecil.

Mata ikan memang bukan penyakit serius. Namun jika dibiarkan terus tanpa diobati akan sangat mengganggu aktivitas. Cara mudah mengobati Clavus ini yakni dengan operasi. Khususnya jika mata ikan di telapak kaki atau telapak tangan besar. Pengobatan biasa akan sulit dilakukan jika mata ikan sudah besar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *