Bisnis Plan ialah pernyataan formal dan juga tertulis mengenai tujuan dari sebuah bisnis dan juga cara untuk mencapai tujuan kesuksesan tersebut. Akantetapi banyak dari mereka malah gagal untuk membuat sebuah perencanaan bisnis disaat mereka baru akan memulai bisnis, beberapa orang berpendapat jika salah satu hal paling mendasar adalah jalankan bisnis atau just do it, akan tetapi yang juga harus anda ketahui adalah melakukan sesuatu tanpa adanya perencanaaan yang matang adalah hal yang kurang bijak, akan tetapi membuat rencana juga belum menjamin bisnis pasti sukses. Jika anda adalah seorang entrepreneur atau bahkan wirausaha langkah awal membangun bisnis tentunya harus memiliki perencanaan atau Bisnis Plan yang matang.

Blue Print adalah rencana bisnis plan yang akan dibuat dan memiliki tujuan serta visi misi yang jelas, seperti misalnya bagaimana cara mencapai tujuan? Siapa anggota timnya? Banyak sekali versi yang menjelaskan mengenai bisnis plan salah satunya adalah pendapat dari Garret Sutton seorang ahli dalam hukum bisnis dan juga seorang penulis The ABS of Writing Winning Business Plan. Yang disebutkan jika bisnis adalah sebuah rencana bukan produk atau prosedur. Salah satu hal terpenting dalam Bisnis Plan adalah pengelolaan uang, hal ini menjadi slah satu faktor terpenting dan paling menentukan kesuksesan bisnis anda nantinya, karenanya kita harus membuat bisnis plan yang benar – benar matang.

Analisis produk, misalnya anda adalah jenis produksi atau manufaktur perlu anda ketahui bagaimana proses dari penerimaan pesanan, produksi, distribusi produk dan juga penagihan, jika bisnis kita ialah bisnis jasa kita harus menuliskan dengan jelas bagaimana cara anda dan tim untuk mendistribusikan jasa kepada pelanggan anda. Latar belakang perusahaan adalah Bisnis Plan yang juga perlu anda ketahui, orang dibalik bisnis kita siapa saja? Bagaimana struktur organisaninya, selanjutnya analisis pasar dan pemasaran membahas mengenai strategi kita untuk melakukan pemasaran produk, dalam tindakan lanjutannya biasanya orang menggunakan cara rencana pemasaran untuk menjelaskan lebih detail atau strategi pemasaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *