Sabtu, 23 September 2017

Wisata-wisata di Pulau Madura Menjadi Solusi untuk Liburan Anda!

 

Pusat Media- Alam harus dilestarikan, dan harus sustainable. Pertambangan justru cenderung mengeksploitasi sumber daya alam dan mineral yang terkandung di dalamnya, yang semakin lama akan habis. Begitu juga dengan alam, semakin dilestarikan, akan semakin mensejahterakan.
 
Salah satu daerah di Indonesia yang cukup menyita perhatian dengan tempat-tempat wisatanya adalah Pulau Madura, yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Madura tidak hanya terkenal dengan sate Madura ataupun kuliner yang menggugah selera lainnya, tetapi juga mempunyai tempat-tempat wisata yang keren dan layak dikunjungi.

Wisata di Madura dijamin akan membuat para wisatawan terkesima dan takjub akan keindahannya. Nah, kira-kira apa saja tempat wisata terkenal di Madura yang menjadi potensi dan daya tarik bagi wisatawan?
1. Bukit Kapur Jaddih, yang terletak di Jaddih-Bangkalan Madura Jawa Timur. Bukit Kapur Jaddih awalnya adalah lokasi penambangan batu kapur yang kemudian dimodifikasi menjadi bukit-bukit kapur yang sangat indah dan menarik, dan juga terdapat kolam pemandian air hangat yang dinamakan kolam pemandian “Gua Potte”. Wisata Bukit Jaddih dibanjiri oleh wisatawan asing dari berbagai kota diluar Madura, dan selain untuk wisata, Bukit Kapur Jaddih juga sering disewa untuk kebutuhan foto Prewedding.

2. Pantai Slopeng, yang terletak di Sumenep-Madura Jawa Timur. Pantai Slopeng merupakan icon wisata pertama di Pulau Madura yang sudah sangat populer di masyarakat lokal maupun non lokal. Pasir pantainya yang putih, bersih serta halus menjadikan primadona pantai ini untuk dikunjunjungi saat musim liburan tiba. Pantai slopeng ini memiliki ombak yang sangat tenang, terhampar sepanjang 6 km dengan air lautnya yang bening biru serta rindangnya pohon di pinggir pantainya, sehingga sangat cocok dan mengasikkan untuk dijadikan teman berlibur bersama keluarga dan sahabat.
3. Waduk Nipah, yang terletak di Pulau Madura tepatnya di Kabupaten Sampang Kecamatan Banyuates Desa Montor. Sama seperti Waduk yang ada di daerah lainnya, Bendungan atau Waduk Nipah berfungsi sebagai sarana irigasi dengan sumber perairan area perswahan disekitarnya. Waduk Nipah dikelilingi oleh pepohonan sejuk yang menjadi dayatarik alami untuk bisa menggaet wisatawan datang berkunjung. Bunyi suara aloran air yang turun dari atas waduk semakin menambah suasana tenang nan sejuk.


4. Pantai Siring Kemuning, yang terletak di sebelah utara kota Bangkalan, tepatnya di Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi, Madura Jawa Timur. wisata Pantai Siring Kemuning menyimpan pesona panati yang begitu indah dan sangat alami dengan pasir lembut juga halus bila dipijaki. Salah satu hal yang menjadi daya tarik kuat dari Pantai Siring Kemuning ini adalah deburan ombak pantai yang mampu membuat tenang pikiran. Hembusan dan semilir angin pantai yang sangat sejuk, sehingga menjadi destinasi wisata pantai yang menarik dan pastinya harus menjadi destinasi wisata anda selanjutnya.


5. Air Terjun Toroan, yang terletak di Toroan-Sampang Madura Jawa Timur. air terjun seinggi 20 meter ini berlokasi berdampingan dengan sebuah pantai. Hal inilah yang menjadikan air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. Selain itu, suasana di sekeliling Air Terjun Toroan juga masih sangat natural, dimana di sekitar lokasi tidsk ada bangunan-bangunan yang merusak kealamiannya. Hal itulah yang menjadikan air terjun ini seakan memiliki jiwa yang masih hidup.


6. Pantai Lombang, yang terletak di Lombang-Sumenep Madura Jawa Timur. Sumenep dikenal mulai tahun 2000, yang kala itu banyak turus mancanegara yang turut serta meramaikan Pantai Lombang. Di pantai ini ribuan pengunjung datang setiap harinya, bahkan pernah mencapai 50 ribu pengunjung pada saat musim libur tiba. Pantai Lombang memiliki pasir putih yang menghampar luas sejauh 12 km di sepanjang pantai, sehingga menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan.


7. Vihara Avalokitesvara, yang terletak di Desa Polagan, tepatnya sebelah barat Pamekasan-Madura Jawa Timur. Vihara merupakan salah satu wisata religi peninggalan masa Majapahit abad ke 16 dengan bangunan yang sangat unik dengan warna dominan merah. Vihara Avalokitesvara ini juga masuk dalam catatan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai kelenteng terunik dan simbol perdamaian umat yang berbeda keyakinan. Kelenteng ini memiliki keunikan tersendiri, dimana ditengah komplek peribadatan umat buddhis itu, terdapat musholla dan pura. Terdapat rasa saling menghormati dan toleransi yang kental, sehingga menjadi simbol kerukunan umat beragama.


8. Bukit Cinta, yang terletak di Daerah Lawangan Daya Pamekasan-Madura Jawa Timur. tempat wisata Bukit Cinta memiliki tangga yang berbentuk hati, selain itu tempatnya juga sangat indah dan berwarna hijau alami, cocok sekali untuk dibuat salah satu tempat wisata berlibur. Wahana yang terdapat di dalamnya seperti; kolam ikan, tempat memanah, flying fox, playground, waterbomb, kids water, bukit cinta, dll.


Nah, tunggu apalagi? Yuk silahkan cek keindahan dan keunikannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri dari berbagai tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Madura Jawa Timur di http://www.seputarwisata.com/ dan selamat berwisata ria bersama keluarga dan sahabat Anda.






EmoticonEmoticon