Jumat, 29 September 2017

Stop Kekerasan Terhadap Hewan (Animals Abuse) !



Pusat Media- Kekerasan terhadap hewan (animal abuse) adalah penderitaan atau kekerasan yang dilakukan manusia terhadap hewan untuk tujuan selain perlindungan diri. Dalam pemahaman yang lebih sempit lagi, itu bisa berarti kekerasan yang dilakukan demi keuntungan sendiri, misalnya membunuh hewan untuk makanan atau demi mendapat bulunya, dan menjadikan hewan sebagai bagian dari ritual dengan cara menyiksanya. Sudut pandang yang berbeda-beda dianut oleh yurisdiksi di masing-masing negara.

Manusia tidak dapat bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi kehidupan sehari-harinya pasti akan memanfaatkan makhluk lain, seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk bahan pangan, bahan sandang, obat-obatan, untuk dimanfaatkan tenaganya, hingga dapat digunakan sebagai bahan kerjaninan.

Kekerasan yang terjadi pada hewan di Indonesia, nampaknya semakin meningkat jumlah korbannya, padahal di Indonesia hukum mengenai perlindungan hewan sudah dijelaskan secara tertulis dalam UU No. 18 Tahun 2009 pasal 66-67 tentang kesejahteraan hewan.
Namun sayang, tingkat kesadaran serta kepedulian masyarakat di Indonesia yang masih kurang terhadap kesejahteraan hewan, sehingga membuat hukum di Indonesia belum dapat berjalan dengan semestinya.

Ada lima kesejahteraan hewan yang diketahui, yang pertama ialah bebas dari rasa lapar dan haus, kedua bebas dari rasa ketidaknyamanan, ketiga bebas dari penyakit dan rasa sakit, keempat bebas dari rasa takut dan tekanan, kelima bebas mengekspresikan perilaku normal dan alami. Tentu saja keputusan manusia untuk mengadopsi dan merawat hewan terlantar akan meringankan tugas para komunitas pelindung hewan.

Langkah sederhana tersebut dapat dilakukan untuk mebantu mengurangi tindak kekerasan terhadap hewan yang dilakukan oleh manusia. Saatnya kini giliran kita untuk memulai mensejahterakan hewan-hewan di sekitar kita, karena hidup akan jauh lebih menginspirasi dan bermakna jika kita mampu berbagi kebahagiaan dengan makhluk yang lainnya. Hewan merupakan makhluk hidup seperti manusia yang membutuhkan kesejahteraan dalam hidupnya. So, lestarikan hewan, dan berikan mereka hak untuk hidup bebas dari intervensi buruk manusia.



EmoticonEmoticon