Jumat, 29 September 2017

Belanja Mudah dan Tetap Berkah



Pusat Media- Di era moderenisasi ini semua element diharuskan atau dituntut untuk bekerja cepat, mulai dari tranportasi sampai pada alat pemuas kehidupan kita sehari-hari. Tanpa dipungkiri jelas didalam teori ekonomi dipaparka bahwasanya kebutuhan manusia itu tidak terbatas, namun alat pemuas kebutuhanlah yang terbatas. Alhasil manusia terus berinovasi agar alat pemuas itu bisa berlari dan bahkan bisa mengimbangi dari kebutuhan manusia.

Contoh kecil saja yakni terkait rasa atau nafsu manusia dalam berbelanja, di era yang serba canggih ini tidak hanya kaum hawa yang gemar berbelanja, anak-anak, laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda itu mempunyai hasrat yang tinggi dalam berbelanja. Apapun itu yang jelas dari mulai baju, alat elektronik sampai kebutuhan dapur sekalipun itu tingkat keinginan manusia sangatlahlah besar untuk mendapatkan semua itu.

Tetapi dikarenakan kesibukan, kepraktisan dan juga kenyamanan akhirnya manusia tidak usah repot-repot lagi harus datang ke toko Hp jika mereka butuh Hp, tidak usah cari waktu yang pas jika mereka ingin belanja baju, dan tidak harus bergantung atau merepotkan orang sekitar jika ingin membeli sesuatu yang itu tempatnya harus ditempuh dengan  jarak yang cukup jauh.



Berbagai inovasi bermunculan untuk bisa menjawab atau mengatasi permasalahan tersebut, sederhananya bagaimana caranya agar semua itu buat sedemikian mudah. Maka muncullah berbagaimacam aplikasi online atau sering disebut online shop. Di online shop kita bisa melihat serta memesan barang apa saja yang kita inginkan atau yang kita butuhkan, namun kita juga harus berhati-hati terhadap penipuan yang kapan saja bisa terjadi. Dari mulai barang yang tidak sesuai dengan gambar sampai barang yang tidak kunjung sampai meski uang sudah ditransfer.



Lalu bagaimana pandangan islam dengan adanya online shop, bolehkah transaksi ini dilakukan. Kita juga harus mengkajinya dari segi hokum islam, mengingat penduduk Indonesia mayoritas adalah pemeluk agama Islam.

Dalam Islam ada sebuah ilmu yang menjelaskan tentang berbagai transaksi yang dilakukan atau transaksi yang boleh atau tidak boleh dilakukan, ilmu ini sering disebut dengan fiqh muamalah.
Didalam fiqh muamalah online shop adalah sebuah transaksi yang prakteknya dilakukan dengan cara pemesanan, yakni memesan dengan pembayaran dilakukan dimuka, sedangkan barangnya diberikan diakhir. Transaksi demikian dalam fiqh muamalah disebut dengan  akad Salam.

Akad salam sendiri menjelaskan bahwa transaksi ini modelnya dengan  pemesanan, jadi memesan barang dengan membayar diawal ditempat akad, kemudian barang yang dibeli atau dipesanpun akan didapatkan. Berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al- Baqarah ayat 282 menjelaskan:
 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوه
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah tidak secara tunai untuk waktu yang telah ditentukan, hendaklah kamu menulisnya”. (Al-Baqarah/2;282)
Dalam hadits Abdullâh bin Abbâs Radhiyallahu anhu diriwayatkan:
قَدِمَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَهُمْ يُسْلِفُونَ فِى الثِّمَارِ السَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ فَقَالَ : مَنْ أَسْلَفَ فِى تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِى كَيْلٍ مَعْلُومٍ وَوَزْنٍ مَعْلُومٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُومٍ
Ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di kota Madinah, penduduk Madinah telah biasa memesan buah kurma dengan waktu satu dan dua tahun. maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa memesan kurma, maka hendaknya ia memesan dalam takaran, timbangan dan tempo yang jelas (diketahui oleh kedua belah pihak)”. (Muttafaqun ‘alaih)

Jadi di era globalisasi yang serba canggih ini kita harus cerdas dalam menanggapi ataupun menikmati fasilitas teknologi yang sudah ada, seperti halnya ONLINE SHOP yang kini mulai menjamur. Tidak sedikit penipuan yang terjadi dalam jual beli online ini, oleh karena itu kita harus pintar untuk memilih produk atau toko online yang terpercaya. Rekomendasi yang bagus untuk mengunjungi toko online adalah dengan  mengunjungi link https://www.tokopedia.com/ 
Selamat berbelanja.




EmoticonEmoticon